COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X
  • Berita & Event
  • Hari Pelanggan Nasional 2021, AP II Kampanye Perjalanan Aman dan Mulus Tanpa Gangguan Lewat Layanan Digital di Bandara

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Hari Pelanggan Nasional 2021, AP II Kampanye Perjalanan Aman dan Mulus Tanpa Gangguan Lewat Layanan Digital di Bandara

04 Sep 2021

AP II siapkan Airport ID sebagai terminal access control


Jakarta - Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar program Sapa Pelanggan serta kampanye perjalanan aman dan mulus tanpa gangguan (Safe & Seamless Travel Experience) dengan layanan digital bagi penumpang pesawat. 

Sebagai bagian dari Sapa Pelanggan, AP II memberikan sambutan khusus di terminal bagi para pelanggan, traveler dan pengunjung bandara. 

Di Bandara Soekarno-Hatta, traveler berkesempatan menyampaikan apresiasi dan masukan mengenai layanan dan fasilitas, langsung kepada jajaran manajemen. Setiap pelanggan juga bisa mendapat asistensi khusus dalam memproses keberangkatan menggunakan berbagasi layanan berbasis digital. 

“Program Sapa Pelanggan dalam merayakan Hari Pelanggan Nasional 2021 ini digelar di seluruh bandara AP II, sebagai bentuk terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan kepada AP II selama ini. Kami mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional 2021,” ujar President Director of AP II Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin mengatakan, “Hari Pelanggan Nasional memiliki arti penting bagi AP II, membuat kami selalu mengingat bahwa kami harus lebih dari memberikan pelayanan, tapi juga harus mampu memahami kebutuhan pelanggan. Sejalan dengan itu, kami selalu menerapkan konsep Know Your Customer [KYC] dalam aspek pelayanan kepada pelanggan.”

Salah satu upaya AP II memenuhi kebutuhan pelanggan adalah melahirkan inovasi layanan berbasis digital. 

Director of Operation & Services Muhamad Wasid mengatakan layanan berbasis digital juga menjadi sangat penting di tengah pandemi COVID-19. 

“Pandemi COVID-19 membawa tantangan berat, dan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta layanan berbasis digital menjadi solusi bagi AP II dalam merespons tantangan tersebut, untuk menghadirkan Safe & Seamless Travel Experience,” ujar Muhamad Wasid.

Bertepatan dengan Harpelnas 2021, AP II mengkampanyekan Safe & Seamless Travel Experience di tengah pandemi COVID-19 dengan layanan berbasis digital, seperti yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, “Kampanye Safe & Seamless Travel Experience  dilakukan untuk semakin luas lagi mempromosikan layanan digital yang sudah dinikmati banyak pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Soekarno-Hatta dituntut untuk selalu memberikan pengalaman lebih baik dengan rasa aman dan nyaman melalui pemanfaatan teknologi.”

Sejumlah layanan berbasis digital yang dihadirkan AP II, antara lain: 

1. Aplikasi travelin
Aplikasi yang dapat diunduh di iOS dan Android ini memiliki fitur untuk mendukung perjalanan traveler, yaitu: reservasi online untuk tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, e-check in, pemesanan hotel dan tiket pesawat, informasi jadwal penerbangan, informasi tenant komersial, informasi transportasi darat, informasi layanan di bandara, informasi layanan bantuan darurat, airportainment, informasi wisata, berita-berita terbaru terkait sektor penerbangan, dan e-commerce.

2. Aplikasi PeduliLindungi
PeduliLindungi merupakan aplikasi yang digunakan dalam penanganan COVID-19, di mana untuk sektor penerbangan digunakan untuk memproses keberangkatan calon penumpang pesawat. Pengisian e-HAC oleh penumpang pesawat saat ini juga dilakukan melalui PeduliLindungi
Adapun Bandara AP II menyiapkan infrastruktur digital untuk dapat membaca QR Code di aplikasi PeduliLindungi yang ada di gadget calon penumpang pesawat.

3. Virtual customer assistant (VICA)
Di tengah pandemi ini, AP II menyiapkan VICA sebagai layanan tatap muka secara online antara pelanggan dengan petugas customer service. 

4. Customer touchpoint feedback system
Menyediakan sarana review singkat dari customer terhadap pelayanan yang diberikan di sejumlah titik layanan di bandara, di mana hasilnya dapat diketahui secara cepat untuk kemudian dilakukan peningkatan layanan

5. Digital taxi queing
Sistem digital dapat memberikan kepastian pelanggan dalam  mendapatkan layanan taksi

6. iMATE Lounge
i-Millennial Airport Travel Experience (iMATE) Lounge dilengkapi berbagai fasilitas berbasis digital seperti virtual assistant, digital wayfinding, flight information display system (FIDS), game zone, dan sebagainya

Airport ID sebagai terminal acces control
AP II saat ini tengah membahas untuk menghadirkan Airport Single Identity (Airport ID) sebagai terminal access control, yang nantinya juga dapat terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. 

Airport ID dapat digunakan traveler untuk mendapatkan layanan tambahan di bandara, semisal fast track, lokasi khusus parkir kendaraan, dan sebagainya. Melalui Airport ID, AP II nantinya dapat lebih mengenal dan memahami pelanggan dengan konsep Know Your Customer (KYC).